Unimed Terima 3.509 Mahasiswa Baru Jalur SBMPTN 2020

mahasiswa baru jalur SBMPTN

topmetro.news – Universitas Negeri Medan (Unimed) menerima sebanyak 3.509 mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2020.

Pengumuman itu disiarkan pada Hari Jumat (14/8/2020) dan dapat dilihat melalui laman https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id dan www.unimed.ac.id.

Total calon mahasiswa yang mendaftar di Unimed tahun 2020 berjumlah 13.955. Lalu yang dinyatakan lulus berjumlah 3.509 orang, tersebar dalam 51 Program Studi (Prodi) S1 di Unimed.

Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom SKM MKes menyampaikan ucapan selamat kepada para orangtua/wali dari mahasiswa yang baru bergabung di Unimed. Syamsul Gultom menyampaikan rasa senangnya dan mengajak orangtua/wali untuk mensyukuri nikmat Tuhan Yang Maha Esa atas keberhasilan anaknya dapat lulus melalui jalur SBMPTN Unimed.

“Kami sangat senang anak Bapak/Ibu telah menjadi bagian dari Keluarga Besar Unimed. Karena sudah bergabung menjadi warga Unimed. Kami sampaikan kepada kedua orangtua/wali untuk mensyukuri nikmat Allah Tuhan Yang Maha Esa atas keberhasilan dapat lulus jalur SBMPTN ke Unimed. Rasa syukur tersebut harus realisasikan dalam hidup ini untuk semakin baik dalam ibadah dan terus berbuat baik antar sesama,” urainya.

Syamsul Gultom menambahkan, bahwa mahasiswa yang dinyatakan lulus merupakan hasil murni yang sudah melalui proses Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Nilai dari UTBK akan tertulis dalam sertifikat UTBK dan dapat diunduh pada Hari Sabtu (15/8/2020).

“Saudara yang telah dinyatakan lulus jalur SBMPTN di Unimed merupakan hasil tes murni UTBK. Yang nilainya akan tertuang dalam sertifikat UTBK dan dapat diunduh pada Sabtu, 15 Agustus 2020, pukul 15.00 WIB,” ucapnya.

Jalur Mandiri Unimed

Syamsul Gultom menyampaikan bahwa masih ada kesempatan bagi siswa yang belum lulus melalui jalur SBMPTN. Siswa dapat bersaing kembali di jalur seleksi mandiri yang proses pendaftarannya akan ditutup pada 24 Agustus 2020.

Menurutnya dengan usaha dan keseriusan siswa yang mendaftar melalui jalur mandiri akan lulus di Unimed.

“Bagi siswa yang belum diterima melalui jalur SBMPTN, masih ada kesempatan untuk bersaing kembali di jalur seleksi mandiri yang proses pendaftarannya akan ditutup pada 24 Agustus 2020. Percayalah, jika saudara nyakin, tetap berusaha dan serius dalam belajar, mudah-mudahan dapat lulus di Unimed. Sedangkan bagi yang telah dinyatakan lulus, segeralah persiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan,” tutupnya.

Dalam Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) ada 10 Prodi favorit. Dan berikut ini adalah sepuluh Prodi favorit dengan peminat terbanyak di Unimed pada SNMPTN 2020:

  1. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2.259 peminat
  2. Manajemen, 913 peminat
  3. Pendidikan Matematika, 817 peminat
  4. Pendidikan Bimbingan dan Konseling, 693 peminat
  5. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 671 peminat
  6. Pendidikan Bahasa Inggris, 664 peminat
  7. Akuntansi, 650 peminat
  8. Pendidikan Biologi, 607 peminat
  9. Gizi, 542 peminat
  10. Pendidikan Tata Busana, 541 peminat.

reporter | Nita Veronika Simbolon

Related posts

Leave a Comment